TRAINING SURVEY KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT IPKP.6 STANDAR AKREDITASI RUMAH SAKIT SNARS EDISI 1

Detail Program

Keberhasilan rumah sakit sangat ditentukan pada tingkat kualitas pelayanan publik yang disediakan. Salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut adalah dengan melakukan evaluasi untuk menilai kinerja pelayanan yang disediakan yaitu dengan melihat kinerja pelayanan dari perspektif pemberi layanan dan dengan melihat kinerja pelayanan dari perspektif pengguna layanan.

Di lingkungan pemerintahan terdapat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 yang mengamanatkan kepada seluruh instansi pemerintah, baik tingkat pusat maupun daerah (termasuk rumah sakit pemerintah), untuk melakukan Survei Kepuasan Masyarakat sebagai tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan pelayanan. Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik diatur dalam Peraturan Menteri PAN RB Nomor 16 Tahun 2014. Peraturan tersebut menjadi acuan bagi pemerintah pusat dan daerah untuk mengevaluasi penyelenggaraan pelayanan publik sekaligus sebagai alat untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik. Adanya survei mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit atas dilaksanakannya pendidikan klinis sekurang-kurangnya sekali setahun ini juga terdapat dalam elemen penilaian IPKP.6 Standar Akreditasi Rumah Sakit SNARS Edisi 1.

Tujuan daripada survey kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit ini antara lain sebagai tolak ukur kepuasan masyarakat, menjadi salah satu indikator kinerja pelayanan publik yang telah dilaksanakan oleh masing-masing unit kerja, teridentifikasinya harapan masyarakat akan pelayanan publik di rumah sakit, mengetahuai kelemahan dan kekurangan dari masing-masing unit kerja dan sebagai bahan dalam penetapan kebijakan terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan publik di rumah sakit.

Mengingat akan pentingnya survey mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit ini di dibutuhkan sebuah perencanaan dan juga SDM yang berkompeten. Training ini akan membahas secara tuntas mengenai survey kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit mulai dari perencanaan, pengolahan, penyajian, pemantauan, evaluasi, dan mekanisme pelaporan hasil survei.

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu untuk :

  • Memahami tentang berbagai faktor yang menjadi penyebab tidak terpenuhinya harapan pasien
  • Memahami teknik dan metodologi survey untuk melakukan dan mengelola riset kepuasan pasien
  • Melakukan evaluasi/analisa data untuk melihat tingkat kepuasan pasien
  • Menginterpretasi hasil pengukuran kepuasan pasien untuk dapat membuat strategi dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien kedepan.
  • Memahami Keperluan Kepuasan Pasien sesuai elemen penilaian IPKP.6 Standar Akreditasi Rumah Sakit SNARS Edisi 1
  • Memahami tujuan pelaksanaan survey di rumah sakit
  • Mengenal berbagai metode survey
  • Memahami prinsip dasar pelaksanaan survey
  • Memahami faktor penentu kepuasan pasien
  • Memahami berbagai bentuk survey
  • Menentukan ukuran dan perhitungan
  • Analisis Deskriptif dan Uji Statistika
  • Proses pengambilan keputusan dari hasil pengukuran kepuasan pasien untuk meningkatkan kepuasan pasien kedepan
  • Studi Kasus (laporan survey kepuasan pasien di rumah sakit)
  • Presentasi
  • Komunikasi interaktif
  • Sharing
  • Studi kasus dan diskusi kelompok.
  • Pimpinan Rumah Sakit atau pihak pengambil kebijakan
  • Manajer Sales & Marketing RS
  • Staff Sales & Marketing RS
  • Divisi layanan
  • Semua pihak yang membutuhkan pengetahuan seputar Survey Kepuasan Pasien.

Indoproject mempunyai Trainer yang profesional dalam menyampaikan sebuah training. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk Anda. Kami juga memiliki Trainer bersertifikat untuk training Anda. Untuk lebih jauh mengenai pembicara/narasumber training ini hubungi kami untuk mendapatkan proposalnya.

 Dengan Penginapan Tanpa PenginapanHarga Grup
 Daftar 1 orang Daftar 1 orangDaftar 10 gratis 1 orang
 Pembayaran H-3 Pembayaran H-3Pembayaran H-3
 Rp. 4.750.000,00 Rp. 4.000.000,00Rp. 4.750.000,00

Fasilitas :

  • Menginap di Hotel selama 3 hari 2 malam 1 kamar 2 peserta (twins share)
  • Meeting Package
  • Konsumsi : Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam
  • Training Kits
  • Modul Training
  • Sertifikat INDOPROJECT
  • Foto Bersama
  • Tas Ransel Eksklusif dan soft copy Berisi Materi Bimtek

Pembayaran Dapat di lakukan melalui Bank transfer ke rekening: Bank Mandiri Cabang Yogyakarta Kotagede a.n. INDOPROJECT No. Rek. 137-00-5555599-5

BatchTanggalTempatRegistrasi
108 - 09 Januari 2019JakartaRegistrasi
205 - 06 Maret 2019YogjakartaRegistrasi
307 - 08 Mei 2019YogjakartaRegistrasi
409 - 10 Juli 2019JakartaRegistrasi
510 - 11 September 2019YogjakartaRegistrasi
605 - 06 Desember 2019YogjakartaRegistrasi

Catatan :

Lokasi Training minimal hotel bintang 3 atau setara

Untuk Grup minimal 10 orang bisa memilih tanggal dan tempat pelatihan (hubungi kami untuk info lebih lanjut)