TRAINING PENYUSUNAN STANDAR ASUHAN KEPERAWATAN BERBASIS NURSING PATHWAY

Detail Program

Standar Asuhan Keperawatan adalah uraian pernyataan tingkat kinerja yang diinginkan, sehingga kualitas struktur, proses dan hasil dapat dinilai. Standar asuhan keperawatan berarti pernyataan kualitas yang didinginkan dan dapat dinilai pemberian asuhan keperawatan terhadap pasien/klien. Hubungan antara kualitas dan standar menjadi dua hal yang saling terkait erat, karena melalui standar dapat dikuantifikasi sebagai bukti pelayanan meningkat dan memburuk (Wilkinson, 2006). Standar asuhan keperawatan adalah merupakan penyataan kualitas yang diinginkan dan dapat dinilai dari pemberian asuhan keperawatan terhadap pasien. Standar ini akan memberikan petunjuk kinerja mana yang tidak sesuai atau tidak dapat diterima.

Sedangkan maksud dari standar adalah suatu pernyataan diskriptif yang menguraikan penampilan kerja yang dapat diukur melalui kualitas struktur, proses dan hasil (Gillies, 1989). Pada prinsipnya kinerja perawat diukur dari terlaksananya asuhan keperawatan. Sedangkan pendekatan asuhan keperawatan dilakukan dengan proses keperawatan, berupa aktivitas perawat yang dilakukan secara sistematis melalui lima tahapan, yang meliputi pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, tindakan atau implementasi, evaluasi keperawatan. Tujuan dan manfaat standar asuhan keperawatan pada dasarnya mengukur kualitas asuhan kinerja perawat dan efektifitas manajemen organisasi. Dalam pengembangan standar menggunakan pendekatan dan kerangka kerja yang lazim sehingga dapat ditata siapa yang bertanggung jawab mengembangkan standar bagaimana proses pengembangan tersebut. Standar asuhan berfokus pada hasil pasien, standar praktik berorientasi pada kinerja perawat professional untuk memberdayakan proses keperawatan.

Praktek dan penerapan proses keperawatan harus dilakukan secara tepat dan benar yang didukung dengan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang mengacu pada pedoman standar asuhan keperawatan, adalah pernyataan deskriptif tentang tingkat penampilan yang dipakai untuk menilai kualitas struktur, proses, dan hasil. Sedangkan pengertian Standar Asuhan Keperawatan merupakan penyataan kualitas yang diinginkan dan dapat dinilai pemberian asuhan keperawatan terhadap pasien. Standar ini memberikan petunjuk kinerja mana yang tidak sesuai atau tidak dapat diterima.

Memberikan kejelasan dan pedoman kepada perawat untuk melaksanakan pelayanan keperawatan. Diharapkan kualitas asuhan keperawatan yang aman, akurasi, kontuinitas, efektif biaya, manusiawi dan memberikan harapan yang sama tentang apa yang baik bagi perawat dan pasien. Standar menjamin perawat mengambil keputusan yang layak dan wajar dan melaksanakan intervensi intervensi yang aman dan akuntebel melalui nursing pathway melalui suatu workshop yang disusun bersama.

  • Manajemen Mutu Pelayanan Keperawatan di RS
  • Indikator Mutu Pelayanan Keperawatan di RS
  • Konsep Mind Mapping Nursing Pathway
  • Implementasi Nursing Pathway dalam Keperawatan
  • Teknik Penyusunan Standar Operating Prosedur (SOP)
  • Sistem pengorganisasian dalam tata kelola keperawatan di RS
  • Metodologi dan Proses keperawatan
  • Implementasi Proses Keperawatan dalam praktik
  • Konsep Standar Asuhan Keperawatan (SAK)
  • Strategi Penerapan Standar Asuhan Keperawatan (SAK) dalam praktik
  • Format Standar Asuhan Keperawatan (SAK) sesuai Akreditasi JCI
  • Tehnik Penyusunan SAK  berbasis nursing pathway
  • Rencana Tindaklanjut  (RTL) Penyusunan  SAK berbasis nursing pathway
  • Monitoring dan Evaluasi Penerapan Standar Asuhan Keperawatan (SAK)

Catatan :

  1. Training ini akan disampaikan selama 8 JPL
  2. Peserta mengisi pre test dan post test sebagai salah satu quality control training.
  • Presentasi
  • Komunikasi interaktif
  • Sharing
  • Studi kasus dan diskusi kelompok.
  • Direktur  RS dan jajaran Direksi RS
  • Pemilik RS atau Dewan/Direksi Perusahaan
  • Komite Medis (Ketua dan Pengurus)
  • Staf Medis Rumah Sakit
  • Staf Keperawatan Rumah sakit
  • Staf Profesional lainnya
  • Staf SIM RS
  • Semua pihak yang terkait lainnya.

Indoproject mempunyai pembicara / narasumber  yang profesional dalam menyampaikan sebuah training. Pembicara kami terdiri dari Akademisi, Praktisi, Consultant  yang berkompeten dibidangnya. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk Anda. Kami juga memiliki pembicara/narasumber/trainer bersertifikat untuk training Anda. Untuk lebih jauh mengenai pembicara/narasumber training ini hubungi kami untuk mendapatkan proposalnya.

Dengan Penginapan Tanpa PenginapanHarga Grup
 Daftar 1 orang Daftar 1 orangDaftar 10 gratis 1 orang
 Pembayaran H-3 Pembayaran H-3Pembayaran H-3
 Rp. 4.900.000,00 Rp. 4.000.000,00Rp. 4.900.000,00

Fasilitas :

  • Menginap di Hotel selama 2 hari 1 malam 1 kamar 1 peserta
  • Meeting Package
  • Konsumsi : Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam
  • Training Kits
  • Modul Training
  • Sertifikat INDOPROJECT
  • Foto Bersama
  • Tas Ransel Eksklusif dan soft copy Berisi Materi Training
  • Antar Jemput Bandara untuk peserta Grup 10 Orang

Pembayaran Dapat di lakukan melalui Bank transfer ke rekening: Bank Mandiri Cabang Yogyakarta Kotagede a.n. INDOPROJECT No. Rek. 137-00-5555599-5

BatchTanggalTempatRegistrasi
117 - 18 Januari 2019JakartaRegistrasi
214 - 15 Maret 2019YogjakartaRegistrasi
316 - 17 Mei 2019YogjakartaRegistrasi
418 - 19 Juli 2019JakartaRegistrasi
519 - 20 September 2019YogjakartaRegistrasi
614 - 15 November 2019YogjakartaRegistrasi

Catatan :

Lokasi Training minimal hotel bintang 3 atau setara

Untuk Grup minimal 10 orang bisa memilih tanggal dan tempat pelatihan (hubungi kami untuk info lebih lanjut)