TRAINING PENYUSUNAN SOP KEUANGAN BLUD RSUD

Detail Program

Berkembangnya suatu rumah sakit , menyebabkan pihak manajemen mengalami kesulitan dalam mengontrol transaksi-transaksi keuangan yang terjadi di rumah sakit. Pencatatan transaksi keuangan dengan menggunakan akuntansi dapat membantu mengontrol, mencatat dan melaporkan transaksi yang terjadi secara rapi dan terstruktur. Bahkan bila proses pencatatan transaksi tersebut dibantu dengan kebijakan dan prosedur akuntansi rumah sakit yang akurat sehingga dapat berlangsung lebih tepat.
Agar Sistem pencatatan akuntansi rumah sakit dapat berjalan secara efektif dan efisien, maka kebijakan dan prosedur akuntansi yang dibangun harus sesuai dengan standar akuntansi yang diterapkan oleh rumah sakit secara tepat. Adanya manual kebijakan dan prosedur akuntansi rumah sakit mampu membantu staf akuntansi rumah sakit dalam menjurnal dan melaporkan transaksi-transaksi keuangan yang terjadi secara tepat pada akun yang tepat .
Sistem Informasi Akuntansi Manual RS atau Standard Operating Procedure (SOP) dibuat untuk meningkatkan akuntabilitas Rumah Sakit dan menjamin implementasi sistem dan prosedur dapat berjalan dengan baik, khususnya dalam bidang administrasi transaksi-transaksi yang berkaitan dengan keuangan. Standard Operating Procedure (SOP) ini disusun secara sistematis dalam bentuk uraian penjelasan, flowchart (bagan alur), dan formulir-formulir.
Dari segi hukum Badan Layanan Umum sesuai ketentuan PP23/2005 dan Perdirjen PB/36/2012 wajib menyusun SOP Keuangan sebagai pedoman pengelolaan keuangan, terutama untuk area-area yang diberikan fleksibilitas. Masih banyak BLUD/BLU yang belum menyusun SOP Keuangan tersebut, sehingga menjadi temuan BPK atau Inspektorat. Institusi BLU tersebut minimal memiliki 5 SOP Keuangan yaitu SOP Pengelolaan Pendapatan, SOP Pengelolaan Kas, SOP Pengelolaan Piutang, SOP Pengelolaan Pengadaan, dan SOP Pengelolaan Inventaris.
Mengingat akan pentingnya penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) keuangan untuk rumah sakit maka kami dari Indoproject mengadakan pelatihan Penyusunan SOP Keuangan BLUD RSUD yang bertujuan agar para peserta mampu untuk memahami metodologi penyusunan SOP dan mampu menyelesaikan dokumen SOP Keuangan berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Para peserta mampu untuk memahami metodologi penyusunan SOP dan mampu menyelesaikan dokumen SOP Keuangan berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku.

1.Dasar-dasar Penyusunan SOP Keuangan

  • Ketentuan PP No 23/2005
  • Ketentuan PMK No 92/PMK.05/2011 dan Perdirjen 20/PB/2012 untuk BLU
  • Permendagri No 61/ tahun 2007 untuk BLUD
  • Mengidentifikasi ketentuan Struktur Organisasi dan Tata Kelola

2. Sistematika SOP Keuangan

  • Pengertian SOP Keuangan
  • Sistematika SOP Pengelolaan Kas
  • Sistematika SOP Pengelolaan Piutang
  • Sistematika SOP Pengelolaan Hutang
  • Sistematika SOP Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa
  • Sistematika SOP Pengelolaan inventaris

3. Proses Penyusunan SOP Keuangan

  • Identifikasi Tupoksi/Unit Terkait
  • Merumuskan Judul SOP sesuai dengan produk/hasil akhir dari suatu proses
  • Merumuskan uraian jenis kegiatan
  • Menentukan pelaksana (aktor) dalam setiap jenis kegiatan
  • Menggambarkan flowchart menggunakan simbol- simbol
  • Melengkapi dokumen SOP

4. Identifikasi Tupoksi/Unit Terkait dan Merumuskan Ruang Lingkup SOP Keuangan

  • Identifikasi Tupoksi bagian operasional
  • Identifikasi Tupoksi bagian keuangan
  • Identifikasi Tupoksi bagian akuntansi

5. Memetakan Uraian Jenis Kegiatan & Aktor Pelaksana

  • Uraian jenis kegiatan di Pengelolaan Kas
  • Uraian jenis kegiatan di Pengelolaan Piutang
  • Uraian jenis kegiatan di Pengelolaan Hutang
  • Uraian jenis kegiatan di Pengelolaan Pengadaan Barang dan jasa
  • Uraian jenis kegiatan pengelolaan inventaris

6. Menggambarkan Flowchart

  • Memahami format flowchart sesuai ketentuan peraturan yang berlaku
  • Memahami simbol-simbol flowchart
  • Mengubah uraian kegiatan menjadi flowchart

7. Melengkapi dokumen SOP

  • Penomoran SOP
  • Pengesahan SOP
  • Lampiran-Lampiran SOP

Catatan :

  1. Training ini akan disampaikan selama 8 JPL
  2. Peserta mengisi pre test dan post test sebagai salah satu quality control training.
  • Presentasi
  • Komunikasi interaktif
  • Sharing
  • Studi kasus dan diskusi kelompok.

1. Direktur dan wakil direktur RS
2. Direktur Keuangan
3. Kepala bagian / bidang keuangan
4. Staff keuangan
5. Staf pendukung lainnya di RS

Indoproject mempunyai pembicara / narasumber  yang profesional dalam menyampaikan sebuah training. Pembicara kami terdiri dari Akademisi, Praktisi, Consultant  yang berkompeten dibidangnya. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk Anda. Kami juga memiliki pembicara/narasumber/trainer bersertifikat untuk training Anda. Untuk lebih jauh mengenai pembicara/narasumber training ini hubungi kami untuk mendapatkan proposalnya.

Dengan Penginapan Tanpa PenginapanHarga Grup
 Daftar 1 orang Daftar 1 orangDaftar 10 gratis 1 orang
 Pembayaran H-3 Pembayaran H-3Pembayaran H-3
 Rp. 4.900.000,00 Rp. 4.000.000,00Rp. 4.900.000,00

Fasilitas :

  • Menginap di Hotel selama 2 hari 1 malam 1 kamar 1 peserta
  • Meeting Package
  • Konsumsi : Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam
  • Training Kits
  • Modul Training
  • Sertifikat INDOPROJECT
  • Foto Bersama
  • Tas Ransel Eksklusif dan soft copy Berisi Materi Training
  • Antar Jemput Bandara untuk peserta Grup 10 Orang

Pembayaran Dapat di lakukan melalui Bank transfer ke rekening: Bank Mandiri Cabang Yogyakarta Kotagede a.n. INDOPROJECT No. Rek. 137-00-5555599-5

BatchTanggalTempatRegistrasi
117 - 18 Januari 2019JakartaRegistrasi
214 - 15 Maret 2019YogjakartaRegistrasi
316 - 17 Mei 2019YogjakartaRegistrasi
418 - 19 Juli 2019JakartaRegistrasi
519 - 20 September 2019YogjakartaRegistrasi
614 - 15 November 2019YogjakartaRegistrasi

Catatan :

Lokasi Training minimal hotel bintang 3 atau setara

Untuk Grup minimal 10 orang bisa memilih tanggal dan tempat pelatihan (hubungi kami untuk info lebih lanjut)