TRAINING MIRM MANAJEMEN INFORMASI DAN REKAM MEDIS

Detail Program

Standar Akreditasi Nasional Rumah Sakit edisi ke-1 (SNARS-1) telah diterbitkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) bulan Agustus 2017 dan secara efektif akan diberlakukan mulai 1 Januari 2018. Salah satu standar dalam SNARS-1 adalah Standar Manajemen Rumah Sakit yang terdiri dari 6 bab dan salah satunya adalah Manajemen Informasi dan Rekam Medis (MIRM). Standar MIRM terbagi menjadi Standar Manajemen Informasi (MIRM 1 – MIRM 7) dan Standar Manajemen Rekam Medis (MIRM 8 – MIRM 15). Pendokumentasian setiap kejadian layanan kesehatan akan menghasilkan rekam medis yang selanjutnya akan menjadi dasar pengolahan dan pemanfaatan informasi kesehatan yg dikandungnya. Oleh karena itu perkembangan RMIK sejalan dengan perkembangan kegiatan pelayanan kesehatan. Mendokumentasikan setiap layanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan kedalam bentuk rekam medis telah menjadi kewajiban sebagaimana tertuang dalam UU no.29 tahun 2004 tentang Praktek Kedokteran, Permenkes no.269 tahun 2008 tentang Rekam Medis, dan juga dalam SNARS-1. Dalam proses akreditasi rumah sakit, rekam medis telah menjadi salah satu standar yang wajib dipenuhi. Berbagai proses pengambilan keputusan manajemen di fasilitas pelayanan kesehatan membutuhkan data atau hasil olahannya (agregat) yang berbasis rekam medis. Data dalam rekam medis tidak lagi “sekedar” menjadi bahan untuk membuat laporan tapi juga dasar untuk “melihat” dan menilai kualitas pelayanan kesehatan dan pengembangannya (health care data mining). Rekam medis harus memenuhi kriteria mutu agar dapat didayagunakan secara optimal untuk berbagai kebutuhan tersebut. Dalam suatu fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) seperti rumah sakit, manajer dan pengelola fasyankes dituntut untuk dapat menentukan strategi dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang tepat, terlebih di era globalisasi yang semakin ketat seperti sekarang ini. Untuk mengambil keputusan maupun kebijakan tersebut dibutuhkan informasi yang tepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Fasilitas pelayanan kesehatan, baik milik pemerintah maupun swasta, membutuhkan banyak data dan informasi sebagai pendukung pengambilan keputusan. Mayoritas data dan informasi ini bersumber dari rekam medis. Rekam medis berperan penting dalam setiap elemen penilaian yang diminta dalam akreditasi rumah sakit. Rekam medis juga diharapkan mampu menghasilkan informasi yang bermutu dan menunjang keselamatan pasien. Berdasarkan pertimbangan kondisi tersebut diatas maka perlu kiranya dilaksanakan pelatihan “Manajemen Informasi dan Rekam Medis (MIRS) Berbasis Standar Nasional Akreditasi RS edisi-1 (SNARS-1) 2017”.

  • Peserta mengetahui peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan informasi dan rekam medis di RS.
  • Peserta memahami proses perencanaan kebutuhan informasi.
  • Peserta memahami proses seleksi dan implementasi teknologi manajemen informasi.
  • Peserta memahami proses penentuan data yang dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan.
  • Peserta memahami proses analisis data untuk berbagai kebutuhan.
  • Peserta memahami format dan metode penyampaian data dan informasi.
  • Peserta memahami sistem identifikasi rekam medis (RM).
  • Peserta memahami sistem penyimpanan dan penjajaran RM.
  • Peserta memahami kriteria mutu pendokumentasian dalam RM.
  • Peserta memahami prosedur evaluasi/review RM.
  • Peserta memahami sistem retensi, penyusutan, dan pemusnahan RM.
  • Peserta memahami aspek privasi, sekuriti, dan integritas RM.
  • Peserta memahami kebutuhan standar kode, simbol dan singkatan dalam RM.
  • Peserta memahami ketentuan dan prosedur pembuatan ringkasan pasien pulang (discharge summary).
  • Peserta memahami aspek pelepasan informasi berbasis rekam medis (Release of Information)
  • Peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan informasi dan rekam medis di RS.
  • Proses perencanaan kebutuhan informasi.
  • Proses seleksi dan implementasi teknologi manajemen informasi.
  • Proses penentuan data yang dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan.
  • Proses analisis data untuk berbagai kebutuhan.
  • Format dan metode penyampaian data dan informasi.
  • Sistem identifikasi rekam medis (RM).
  • Sistem penyimpanan dan penjajaran RM.
  • Kriteria mutu pendokumentasian dalam RM.
  • Prosedur evaluasi/review RM.
  • Sistem retensi, penyusutan, dan pemusnahan RM.
  • Aspek privasi, sekuriti, dan integritas RM.
  • Kebutuhan standar kode, simbol dan singkatan dalam RM.
  • Ketentuan dan prosedur pembuatan ringkasan pasien pulang (discharge summary).
  • Pelepasan informasi berbasis rekam medis (Release of Information)

Catatan :

  1. Training ini akan disampaikan selama 8 JPL
  2. Peserta mengisi pre test dan post test sebagai salah satu quality control training.
  • Presentasi
  • Komunikasi interaktif
  • Sharing
  • Studi kasus dan diskusi kelompok.
  • Pimpinan/ Manajemen rumah sakit
  • Komite medis
  • Tim akreditasi RS
  • Pengelola dan petugas rekam medis
  • Petugas bangsal terkait rekam medis
  • Pengelola unit / bagian di RS yang terkait dengan rekam medis

Indoproject mempunyai pembicara / narasumber  yang profesional dalam menyampaikan sebuah training. Pembicara kami terdiri dari Akademisi, Praktisi, Consultant  yang berkompeten dibidangnya. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk Anda. Kami juga memiliki pembicara/narasumber/trainer bersertifikat untuk training Anda. Untuk lebih jauh mengenai pembicara/narasumber training ini hubungi kami untuk mendapatkan proposalnya.

Dengan Penginapan Tanpa PenginapanHarga Grup
 Daftar 1 orang Daftar 1 orangDaftar 10 gratis 1 orang
 Pembayaran H-3 Pembayaran H-3Pembayaran H-3
 Rp. 4.900.000,00 Rp. 4.000.000,00Rp. 4.900.000,00

Fasilitas :

  • Menginap di Hotel selama 2 hari 1 malam 1 kamar 1 peserta
  • Meeting Package
  • Konsumsi : Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam
  • Training Kits
  • Modul Training
  • Sertifikat INDOPROJECT
  • Foto Bersama
  • Tas Ransel Eksklusif dan soft copy Berisi Materi Training
  • Antar Jemput Bandara untuk peserta Grup 10 Orang

Pembayaran Dapat di lakukan melalui Bank transfer ke rekening: Bank Mandiri Cabang Yogyakarta Kotagede a.n. INDOPROJECT No. Rek. 137-00-5555599-5

BatchTanggalTempatRegistrasi
108 - 09 Januari 2019JakartaRegistrasi
205 - 06 Maret 2019YogjakartaRegistrasi
307 - 08 Mei 2019YogjakartaRegistrasi
409 - 10 Juli 2019JakartaRegistrasi
510 - 11 September 2019YogjakartaRegistrasi
605 - 06 Desember 2019YogjakartaRegistrasi

Catatan :

Lokasi Training minimal hotel bintang 3 atau setara

Untuk Grup minimal 10 orang bisa memilih tanggal dan tempat pelatihan (hubungi kami untuk info lebih lanjut)