MANAJEMEN ARSIP DAN PEREKAMAN PERUSAHAAN DIGITAL

Detail Program

Arsip merupakan hal yang sangat vital bagi perusahaan, arsip selalu dibutuhkan untuk menunjukkan kinerja perusahaan tersebut. Berbagai macam hal yang berkaitan dengan data penting satu perusahaan berada dalam arsip dan sayangnya tidak semua divisi bertanggung jawab mengenai kepentingan arsip tersebut. Manajemen kearsipan itu bisa sangat sederhana atau rumit, seperti dalam perekaman file ke database elektronik khusus. Kesulitan yang terjadi terletak pada bagaimana mendapatkan arsip tersebut ketika dibutuhkan. Karena itulah seorang karyawan harus benar benar menguasai cara Manajemen Arsip. Pentingnya arsip bagi kelangsungan perusahaan menuntut perusahaan untuk memberdayakan karyawannya dalam mengatur arsip perusahaan.

Peserta akan mampu mengetahui dan memahami prinsip, teknik & prosedur penting dari Filing & Records Management , Mengelola file dan catatan mereka secara efisien & efektif baik berupa file biasa maupun file elektronik.

Paradigma dan Filosofi Manajemen Kantor Modern

  • Efektivitas pengelolaan kantor dan hubungannya dengan manajemen manusia.
  • Efektivitas alur kerja dan tata-ruang kantor dalam pengelolaan produktivitas.

Prinsip Dasar Manajemen Kantor & Filing Berdasarkan 5S (5R)

  • Membahas tentang konsep 5 S, penerapannya di tempat kerja dan bagaimana sistem 5 S bekerja.
  • Memahami Makna Pilar Utama Seiri (Ringkas) dan Seiton (Rapi), Seiso (Resik) dan Shitsuke (Rawat).
  • Memahami Makna Pilar Utama Seiketsu (Rajin) dan Integrasi Kelima Pilar serta studi kasus (identifikasi dan peningkatan pemahaman)

Aturan (Pedoman) Umum Pengelolaan Arsip dan Inventaris Kantor

  • Level arsip dilihat dari unsur strategis bisnis: strategic plan, SOP, Manual dan Usual-Business documents.
  • Latihan: menentukan tingkat urgensi dan confidentiality arsip.
  • Beragam bentuk arsip, perlakuannya, dan Tujuan penyimpanan arsip.
  • Jenis-jenis arsip dan cara penggolongannya
  • Kewenangan sekretaris / pengelola arsip, dan
  • Bagaimana mengamankan arsip yang bersifat RAHASIA

Sistem Korespondensi & Pengarsipan (Manajemen Arsip Dinamis)

  • Membahas pengertian arsip, langkah-langkah pembuatan arsip, teknik mengelola arsip dan pemeliharaannya.
  • Membahas tentang tahapan filing yang baik dan jenis-jenis filing system yang tepat di perusahaan.
  • Electronic Filing, document management software (system), trend baru dan model pelaksanaannya.

Aspek Strategis dan Trend Ke Depan Manajemen Filing Modern : Penerapan E-Filing dan Document Management

  • Trend terbaru: electronic filing dan document management dalam bisnis.
  • Beragam keunggulan dari electronic filing dan document management pada:
  • Penemuan arsip, penyusutan arsip, penilaian, pemindahan dan pemusnahan arsip.
  • Alur surat keluar dan surat masuk serta alih media termasuk media digital.
  • Sistem indeks dan abjad dalam filing.

Pentingnya SOP dalam bisnis: Pembuatan, Penerapan, Pelembagaan

  • Pemahaman tentang pentingnya SOP, apa Benefit dan Costnya.
  • Sejarah terjadinya SOP terkait dengan pendekatan yang dipilih : hirarki, beda pendekatan = beda istilah.
  • “Motivasi” & Urgensi dasar pembuatan SOP : Mendapatkan kelulusan sertifikasi.
  • Perbaikan proses (lebih ringkas / cepat / lengkap).
  • Peringkat kinerja dan service level.
  • Tehnik Melibatkan banyak stakeholder.
  • Pengaruh SOP guna Peningkatan kinerja para karyawan, dalam kaitannya dengan divisi yang terkait.

Latihan Pembuatan dan Finalisasi rencana kerja pembuatan SOP dan Sistem Kearsipan Perusahaan

  • Review ulang materi pelatihan dan rencana kerja.
  • Penugasan Individu berdasarkan lingkup ruangan (corner & office)
  • Latihan membuat rencana kerja

Catatan :

  1. Training ini akan disampaikan selama 8 JPL
  2. Peserta mengisi pre test dan post test sebagai salah satu quality control training.
  • Presentasi
  • Komunikasi interaktif
  • Sharing
  • Studi kasus dan diskusi kelompok.
  • Administrator

  • Asisten pribadi

  • Sekretaris

  • Eksekutif

  • Bagian kearsipan

  • Bagian lain yang terkait

Indoproject mempunyai pembicara / narasumber  yang profesional dalam menyampaikan sebuah training. Pembicara kami terdiri dari Akademisi, Praktisi, Consultant  yang berkompeten dibidangnya. Kami selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk Anda. Kami juga memiliki pembicara/narasumber/trainer bersertifikat untuk training Anda. Untuk lebih jauh mengenai pembicara/narasumber training ini hubungi kami untuk mendapatkan proposalnya.

 Dengan PenginapanTanpa Penginapan Early Bird Harga Grup
 Daftar 1 orangDaftar 1 orang Daftar 1 orang Daftar min 5 orang
 Pembayaran H-3Pembayaran H-3 Pembayaran H-7 Pembayaran H-7 (dengan penginapan)
 Rp. 7.500.000,00Rp. 6.500.000,00 Rp. 7.250.000,00 Rp. 7.000.000,00

Fasilitas :

  • Menginap di Hotel selama 3 hari 2 malam 1 kamar 1 peserta
  • Meeting Package
  • Konsumsi : Makan Pagi, Makan Siang, Makan Malam
  • Training Kits
  • Modul Training
  • Sertifikat INDOPROJECT
  • Foto Bersama
  • Tas Ransel Eksklusif dan Flash Disk Berisi Materi Training

Pembayaran Dapat di lakukan melalui Bank transfer ke rekening: Bank Mandiri Cabang Yogyakarta Kotagede a.n. INDOPROJECT No. Rek. 137-00-5555599-5

BatchTanggalTempatRegistrasi
122 - 23 Januari 2019JakartaRegistrasi
219 - 20 Maret 2019YogjakartaRegistrasi
321 - 22 Mei 2019YogjakartaRegistrasi
423 - 24 Juli 2019JakartaRegistrasi
524 - 25 September 2019YogjakartaRegistrasi
619 - 20 November 2019YogjakartaRegistrasi

Catatan :

Lokasi Training minimal hotel bintang 3 atau setara

Untuk Grup minimal 10 orang bisa memilih tanggal dan tempat pelatihan (hubungi kami untuk info lebih lanjut)